Seleksi Alam

Mungkin saya harus belajar untuk merelakan. Karena kedua tangan saya tidak bisa mengubah hukum alam. Mungkin memang begitu jalannya.

Meski saya sudah berusaha menyelamatkan hidup mereka, pada akhirnya hanya sebagian atau hanya satu-dua yang bisa bertahan hidup. Ya, karena ini seleksi alam.

Saya harus belajar merelakan kecebong-kecebong di kolam yang mati karena kekeringan. Merelakan dan ikhlas jika perjuangan saya menyelamatkan hidup mereka dengan menaruh di gelas aqua plastik tidak berhasil karena entah dibuang kemana dan oleh siapa.

Akhirnya, mengutip kata-kata Darwin,

Hanya yang kuat yang bertahan

Ya, karena ini seleksi alam. Inilah hidup.
Dan saya harus merelakan kecebong-kecebong saya pergi…
seperti saya merelakannya…

spirit of jealousy,
December 1, 2011

Leave a Reply

