Spanish omelet

Resep ini saya dapatkan dari Kate, ibunya Ayu yang asli Australia. Ayu ini anak yang saya les-in tiap Selasa dan Rabu sore. Ketika saya lagi ada kelas dengan Ayu, Kate sering menyuguhkan semangka dan kadang-kadang makanan ala Australia seperti Spanish omelet. Meski namanya Spanish omelet yang mungkin berpikir ini asalnya dari Spanyol tapi itu Cuma sekedar nama aja kaya Bika ambon yang asalnya dari Medan bukan Ambon. Hehehe.

Oke, let’s cook!

Alat dan bahan yang diperlukan:
– Teflon yang besar [kalo gak ada gimana? Beli dulu. Pak…beliin Teflon dong pak…]
– 3 buah Kentang
– 5 butir Telor
– 1 siung bawang Bombay
– Garam
– Lada hitam

Caranya:
Pertama, rebus kentang tapi jangan ampe terlalu lembek. Sambil menunggu kentang yang direbus, kocok 5 butir telor kaya kalo mau bikin telor dadar gitu lho [dikasih garam dan lada sesuai selera]. Iris bawang Bombay dengan ukuran agak tebal.

Setelah kentangnya matang, tiriskan. Lalu potong dadu kecil.

Step dua, siapkan Teflon. Sebenernya masaknya pake minyak zaitun tapi kalo gak ada pake minyak goreng biasa juga boleh dengan API KECIL. Tumis bawang Bombay sampai agak layu. Lalu masukkan kentang. Barulah masukkan kocokkan telur tadi. Tutup Teflon dengan tutup panci atau apalah. Kemudian setelah lima-sepuluh menit balik omeletnya. Nah, proses membaliknya ini yang challenging [saya selalu gagal, hiks]. Harus hati-hati biar gak hancur. Setelah dibalik, tunggu lagi hingga kecoklatan dan angkat.

Spanish omelet siap dimakan. Bisa dihidangkan selagi hangat atau dingin [kalo di rumah ayu, saya makannya dingin setelah didiamkan di dalam kulkas].
Selamat mencoba!

Spirit of jealousy, 24 October 2011
*berhubung buatan saya gagal jadi gak ada fotonya. hehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s