Perspective

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda, gue tahu itu. Tapi yang gak gue sangka, banyak dari pandangan orang akan merugikan orang lain. Yah, lo boleh bilang gue naif tapi gue selalu yakin kalo setiap perbedaan pandangan itu bisa dibicarakan. Meski gak tahu gimana untuk memulainya, terlebih di keluarga sendiri.
Bisa dibilang keluarga gue adalah keluarga menengah ke bawah-atas.

Terkadang berlebih tapi sering juga berhemat. Orang yang melihat dari fisik rumah dan pakaian gue bisa berpikir gue adalah anak yang orangtuanya berlebih. Alhamdulillah. Ini karena prinsip dari orang tua gue yang selalu menyembunyikan kesusahan dan melihatkan kebahagian sehingga orang-orang akan melihat keluarga gue baik-baik saja.

Sekalipun keluarga gue baik-baik aja, ada kalanya pula badai menghantam dan membuat gue dan semua prihatin. Terlebih lagi, gak ada orang yang tahu. Kami pintar menyimpan rahasia keluarga. Hanya orang terdekat saja yang bisa dipengang janjinya. Mungkin karena itulah, mereka – nenek dan om-tante gue – menganggap kami semua berkecukupan. Sekali lagi, alhamdulillah. Tapi, bukan berarti kami menerima sikap adil yang berlebihan. Seperti yang nenek gue lakukan.

Si nenek – begitu yang gue panggil karena respek yang hilang untuk dia – terlalu sayang terhadap anak sulungnya. Meski tahu, ia sering disakiti hatinya, dimanfaatkan uangnya, dan durhaka padanya. Heran gue. Kata Ma, bisa jadi karena sifat si nenek dan si sulung, cewek, juga sama. Lebih heran lagi, cucu dari si sulung yang “kecelakaan” tetap saja dibela dan ditutupi kesalahannya. Serta, didukung penuh secara ekonomi. Belaan si nenek jika dibilang pilih kasih, “si sulung kan gak kerja dan gak bisa bantuin suaminya kaya kamu”, ke Ma. Tapi, bukan berarti di saat Ma butuh uang darurat gak dikasih kan. Si nenek selalu bilang kalo dia gak punya uang. Gue udah pernah gak sengaja liat ada uang di bawah kasur dan di gesper kain buatanya sendiri – selalu dibawa kemana-mana dan penuh dengan uang serta perhiasan. Kenapa mereka bodoh sih? Membodohi dan dibodohi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s